web 2.0

Minggu, 08 Maret 2009

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Tugas Membuat Lembar TTS

Oleh: Ummu Khurriyah SPd, SMP YPM 2 Sukodono, Sidoarjo

MASALAH
yang menjadi pusat perhatian penulis adalah rendahnya hasil belajar siswa. Fenomena ini menimbulkan keprihatinan guru dan perlu segera dipecahkan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan hasil belajar.

Kegiatan ini dilakukan di SMP YPM 2 Sukodono, Sidoarjo, kelas I untuk mata pelajaran ekonomi. Waktu kegiatan lebih kurang dua bulan, dalam semester 1 tahun pelajaran 2008-2009.

Tindakan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah memberikan tugas membuat kesimpulan istilah-istilah penting yang dituangkan di lembar TTS (teka-teki silang) pada setiap akhir pelajaran. Setelah selesai, di antara siswa bisa saling tukar karya TTS-nya untuk dijawab.

Setelah diisi dengan benar disalin ke kertas berwarna dan dipajang di dinding kelas. Dengan metode ini, penulis bisa memotivasi peserta didik untuk melihat sekaligus menghafal istilah penting atau inti dari materi pelajaran.

Hasil kegiatan itu menunjukkan, dengan pemberian tugas membuat kesimpulan istilah-istilah penting atau inti materi yang dituangkan di lembar TTS, hasil belajar peserta didik rata-rata meningkat dari 6,42 menjadi 7,26. (ruk)

Sumber: Jawapos, Rabu, 04 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar